Senin, 05 November 2012

Mujahidin Xinjiang Perkuat Al-Qaeda di Suriah



Beijing (lasdipo.com)- Suriah benar-benar menarik perhatian mujahidin internasional. Jarak yang jauh, tampaknya tak jadi soal. Setidaknya, itulah yang terlihat dari beberapa ikhwah mujahidin Xinjiang (Turkistan Timur) yang berjihad di Suriah.


”Para pimpinan kelompok militant Xinjiang mengorganisir anggotanya dan bergerak menuju Suriah untuk berjihad,” demikian tulis Global Times, mengutip pernyataan pejabat Satgas Anti-Teror Cina, 29 Oktober 2012.

Pejabat tersebut menambahkan, para militant punya hubungan baik dengan Al-Qaeda. Di Suriah, dengan Al-Qaeda pula mujahidin Xinjiang masuk dan bergabung.

 Xinjiang, nyaris tak ada "bau" China-nya

Sementara itu, Dubes Suriah untuk China, Imad Mostapha mengatakan tidak tahu detail pastinya. Hanyasaja, ia membenarkan bila banyak mujahidin dari luar yang masuk ke Suriah.

September 2009 lalu, secara resmi pemerintah Cina memblack list mujahidin Xinjiang dan menganggapnya sebagai organisasi terlarang yang terorganisir. Jauh sebelum itu, penindasan sudah menjadi menu sehari-hari muslim Xinjiang.

Satu hal yang mengharukan. Meski berat untuk sekedar survival di negeri sendiri, mujahidin Xinjiang tak mau ketinggalan dalam kancah jihad alamy. Di Afghanistan, pernah ada nama Syaikh Abu Muhammad At-Turkistani yang jadi tokoh mujahidin dan jadi mentor bagi muaskar mujahidin  Xinjiang di Afghan. (silmi kafi/lasdipo.com)

Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar